Senin, 11 Oktober 2010

Tugas : Pengantar Bisnis

Uraikan bisnis apa sajakan yang bisa mendatangkan hasil yang menguntungkan bila dikelola dengan baik??



  • Usaha Bandeng Presto

Bagi anda yang tertarik dibidang perikanan, ada banyak inovasi untuk menjual produk-produk perkanan. Anda bisa mengubah ikan tersebut menjadi produk olahan yang mempunyai nilain tambah. Ketika anda hanya menjual ikan baik segar maupun frozen, bisa jadi harga dan marjin anda tidak begitu tinggi, tetapi jika anda menaul dalam bentuk olahan yang mempunyai nilai tamba, kemungkinan besar harga dan marjin anda jauh lebih tinggi. yang penting anda pas dalam menentukan harga jual produk anda.
Salah satu usaha produk olahan yang bisa anda coba adalah usaha bandeng presto. Alat-alat yang akan anda gunakan jika anda tertarik menekuni usaha ini cukup sederhana. Anda bisa menggunakan panci presto dan kompor. Sedangkan bahan utamanya adalah bandeng segar dengan bumbu sebagai pelengkap yakni kunyit, bawang merah, bawang putih, sereh, salam dan garam.
Cara pembuatan bandeng presto juga tidak terlalu rumit. Pertama-tama ikan bandeng anda belah dadanya, kemudian kotorannya anda bersihkan, setelah itu persiapkan dulu panci presto yang terlebih dahulu anda beri sereh dan salam agar aromanya lebih harum.
Setelah itu, ikan bandeng tersebut anda lumuri dengan bumbu. Kalau semua proses penyiapan bandeng tersebut sudah selesai, anda tinggal masukkan ikan bandeng tersebut dalam panci presto.
Dalam penyusunannya, usahakan antar tumpukan ikan bandeng tersebut anda beri alas daun bambu supaya ikan bandeng  tidak saling menempel pada waktu proses pengolahan di panci presto. Supaya hasilnya maksimal, proses pengolahan menghabiskan waktu antara 3 - 4 jam.
Agar ikan bandeng lebih awet dan tahan lama, maka sebaiknya ikan bandeng presto yang sudah jadi tersebut sesegera mungkin anda dinginkan dengan menyimpannya ke dalam wadah dan diberi es.
Untuk menjaga agar ikan bandeng presto tersebut tidak kontak langsung dengan es,  ikan bandeng presto tersebut anda masukkan ke dalam kantong plastik yang ditutup dengan sealer.

Berikut contoh simulasi usaha Bandeng Presto :
Pemasukan
Penjualan bandeng presto : 10 kg x Rp. 26.000,00 = Rp. 7.800.000,00
Pengeluaran
Bandeng segar : 10 kg x Rp. 13.000,00 x 30 hari = Rp. 3.900.000,00
Minyak tanah : 1 liter x Rp. 3.500,00 x 30 hari = Rp. 105.000,00
Bumbu : 1 paket x Rp. 20.000,00 x 30 hari = Rp. 60.000,00
Gaji 2 orang karyawan : Rp. 1.000.000,00
Listrik dan Air : Rp. 300.000,00
Transportasi : Rp. 500.000,00
Total Pengeluaran : Rp. 5.865.000,00
Keuntungan 
Rp. 7.800.000,00 – Rp. 5.365.000,00 = Rp. 1.935.000,00


Sebenarnya pada saat anda membuka atau membangun sebuah usaha, anda harus berfokus pada segitiga B-I, yaitu komponen utama dalam membangun sebuah usaha atau bisnis. Saya  mengetahuinya dari salah satu serian "the advisor series" -nya Kiyosaki, Before You Quit Your Job. Lima komponen itu adalah :

1. Arus Kas
Bisa juga disebut keuangan. Beberapa hal yang termasuk arus kas diantaranya adalah  laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca dan sebagainya. Anda harus bisa membaca dan memahami laporan keuangan tersebut. Alasan mengapa arus kas diletakan di tingkat dasar adalah karena sebagian besar wilayah pekerjaan pengusaha akan berada disitu.  Saat arus kas pengusaha hancur, maka hancurlah bisnisnya.
2. Komunikasi
Biasa disebut pemasaran. Komunikasi adalah elemen utama dalam perencanaan bisnis manapun. Pemasaran mencakup segmentasi pasar, targeting, konsumen, pesaing, distribusi, hubungan, periklanan, penetapan harga, industri dan tren pasar, strategi pemasaran, dan sebagainya.

3. Sistem
Dalam sebuah usaha atau bisnis, pengendalian sistem sangat diperlukan mengingat kebanyakan pengusaha bekerja berdasarkan kebiasaan. Jadi apabila pengusaha tersebut sedang tidak berada disitu, maka usaha tersebut tidak bisa berjalan dengan semestinya. Bahkan kebanyakan bisa berantakan. Dengan pengendalian sistem yang kuat, anda bisa bebas tanpa harus terlibat di bisnis anda terlalu banyak, seperti bakso Malang Cak Eko yang pernah saya ulas.

4. Hukum
Murphy’s Law (hukum Murphy, segalanya dapat berjalan salah) pasti akan berlaku dalam bidang  bisnis. Justru disaat anda berpikir bahwa anda tidak perlu bantuan hukum, anda memerlukannya. Hukum bisnis sangat beragam. Mulai dari pengurusan ijin gangguan sampai hak paten termasuk didalamnya. So, uruslah hukum bisnis anda sebelum sesuatu hal yang merugikan menimpa anda di kemudian hari.

5. Produk
Inilah tingkat tertinggi pada segitiga B-I, produk atau jasa. Maksud dari kata tingkat tinggi adalah teratas atau terujung. Tinggi disini tidak saya maksudkan sebagai terpenting, hanya saja kalau pada gambar segitiga B-I nya Kiyosaki, posisi produk atau jasa ini paling atas. Disinilah pengusaha harus membuat sebuah produk atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen, tetapi mempunyai diferensiasi yang kuat.

Sebagai seorang pengusaha yang sedang membuka usaha, anda dituntut untuk menguasai kelima hal tersebut diatas.  Tidak perlu sampai mendetail. Anda cukup ahli di satu bidang, kemudian bidang yang lain diserahkan ke orang lain dengan cara :

  1. Merekrut seseorang yang ahli di bidang-bidang tersebut untuk masuk ke dalam satu tim bisnis anda.
  2. Atau mempekerjakan orang yang ahli dari bidang-bidang tersebut untuk bekerja di perusahaan anda.
  3. Atau menggunakan konsultan di salah satu bidang tersebut, misal komunikasi atau pemasaran jika anda tidak ahli dalam hal tersebut.
Kemudian mengapa anda harus ahli atau expert disalah satu bidang? Supaya pada waktu membangun usaha, tim bisnis anda berisi orang-orang yang kuat dan hebat.
Kalau anda pintar dan ahli di salah satu bidang misalkan produk, pasti anda akan mendapatkan partner, pekerja atau konsultan yang pintar dan juga ahli di bidang pemasaran, keuangan, sistem dan hukum.
Kalau pengetahuan anda disatu bidang tersebut pas-pasan, orang-orang yang berada disekeliling anda juga pas-pasan. Anda juga tidak mau kan, bekerja dengan orang yang jauh levelnya dibawah anda?
Maka dari itu, dalam membuka dan membangun usaha, pastikan anda ahli di satu bidang. Sisanya, serahkan ke orang-orang yang lebih ahli dibandingkan anda.





  • Bisnis Membuat Kue
Ini adalah usaha atau bisnis yang selalu propsektif menjelang hari raya baik itu Lebaran, Natal atau hari raya dan perayaan agama lainnya.Kue kering salah satu makanan favorit sebagai suguhan dan banyak peminatnya menjelang lebaran. Orang cenderung pengin yang tidak ribet dalam menyambut hari raya atau juga karena keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman tentang pembuatan kue kering.

Jadi tidak semua orang bisa meluangkan waktunya untuk membuat kue kering sendiri . Inilah peluang yang harus di manfaatkan untuk memulai bisnis kue kering. Dari sinilah kita bisa melihatnya betapa menggiurkan bisnis membuat kue. Kebanyakan orang cenderung membeli daripada membuat, karena keterbatasan waktu dan tidak bisa membuat kue menjadi alasan utama.

Kita buat beberapa bendut kue agar menarik konsumen, konsumen bisa memiliki pilihan bentuk kue. Bukan tidak mungkin konsumen akan membeli dua atau tiga bentuk kue yang berbeda saat merayakan Lebara, Natal dan hari-hari besar lainnya.

Jika bisnis membuat kue ini ditekuni, bisa jadi tidak cuma diacara perayaan Agama saja, mungkin acara ulang tahun, acara pernikahan dll.


  • Usaha Jual Es Jus
Usaha menjual es jus ini sangat menjanjikan, dengan modal secukupnya yang dapat digunakan untuk membeli peralatan misalnya gerobak dorong, alat mesin jus, gelas, beberapa kursi, dan macam buah buahan.
Untuk menarik pembeli usahakan jenis buahnya bermacam macam, sehingga konsumen bisa memilih sesuai seleranya. 

Untuk menambah penghasilan lainnya selain es jus tersebut, anda dapat menjual makanan pelengkap misalnya gorengan. Konsepnya pakai gerobak dorong tetapi tidak berjalan keliling (berhenti). Dan disekitar gerobak tersebut dapat diberi beberapa kursi untuk duduk para pembeli.

Cara mulainya adalah sebagai berikut:
mencari tempat yang setrategis misalnya dipinggir jalan atau perempatan, selanjutnya dapat meminta ijin menyambung listrik kepada orang disekitar tempat yang akan kita tempati untuk bisnis tersebut, tentunya kita menjanjikan untuk membantu biaya listrik nantinya. Setelah itu kita dapat memesan membeli gerobak dan peralatan lainnya. Dan yang tidak kalah pentingnya, sebelumnya kita dapat belajar membuat jus dahulu dan survey harga yang pantas untuk jus kita. lebih gampang lagi kalo kita sudah bisa membuat es jus dengan kreasi kita sendiri yang lebih nikmat.

Kunci sukses bisnis ini:
1. Letaknya usahakan yang strategis.
2. Utamakan pelayanan yang baik.
3. Usahakan macam buah jus yang cukup bermacam.
4. Untuk tahap awal harga jangan terlalu tinggi.

jika kita kelola dengan baik, maka bisnis ini akan sangat menguntungkan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar